Membangun indonesia emas dengan GAMES (Generasi Anak Muda EnterpreneurShip)


Indonesia merupakan negara yang mempunyai kekayaan sumberdaya alam yang sangat beragam, terhampar dari Sabang sampai Merauke. Oleh karena itu Indonesia menjadi sasaran negara lain karena mereka melihat potensi besar yang ditawarkan oleh sumberdaya alamnya. Berangkat dari hal itu Indonesia harus mawas diri akan ancaman tersebut karena sumberdaya alam di Indonesia merupakan investasi terbesar bagi kelangsungan hidup rakyat, sebagai negara yang berketuhanan potensi ini harus kita jaga bersama karena potensi ini adalah pemberian Allah SWT.
Potensi yang dimiliki Indonesia sudah tersedia, selanjutnya Indonesia butuh generasi emas yang dalam dirinya tertanam jiwa enterpreneurship. sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berpikir kreatif adalah hal yang sangat diperlukan oleh negara yang kaya akan sumber daya alam seperti Indobesia, karena dengan hal tersebut akan membuat sumberdaya alam indonesia mempunyai nilai lebih untuk kesejahteraan masyarakat kedepannya. Data Badan Pusat Statistik menyebutkan bahwa tahun 2013/2014 jumlah pengusaha di Indonesia adalah 1,67% dari jumlah populasi dan pada tahun 2017 mengalami kenaikan menjadi 3,1% dari jumlah populasi, jika dikaitkan dengan teori David McCleland yang menyebutkan bahwa “jika suatu negara ingin makmur minimal harus mempunyai pengusaha sebesar 2% dari jumlah populasi”, angka persentase pengusaha di Indonesia sudah melampaui teori tersebut tetapi Indonesia belum terlihat makmur. Jika dibandingkan dengan negara lain jumlah pengusaha di Indonesia masih jauh, malaysia 5%, singapura 7%, China 10%, negara negara tersebut jika dilihat dari segi sumber daya alamnua masih kalah dengan indonesia. Apakah indonesia tidak ingin berwirausaha dengan modal dari sumber daya alamnya yg melimpah ?
           Gerakan Anak Muda EnterpreneurShip ini mengupayakan lahirnya generasi yang berjiwa wirausaha, generasi yang memandang segala sesuatu itu bisa dijadikan ladang bisnis dan bisa dikreasikan. Gerakan ini jika dilihat sejalan dengan misi presiden Jokowi untuk memajukan indonesia ditahun 2045. Program pertama dari presiden Jokowi adalah pembangunan industri pengolahan dan program yang kedua adalah fokus pada industri jasa. Melihat potensi sumberdaya alam yang dimiliki Indonesia saat ini maka program yang pertama dari presiden Jokowi harus direalisasikan dan bisa menjadi pemacu GAMES untuk lebih melahirkan generasi emas Indonesia yang kreatif dalam melahirkan usaha baru, tidak kalah menariknya program kedua dari presiden sangat sesuai dengan keadaan jaman sekarang yaitu jaman milenial yang dimana pemuda pemuda jaman ini sangat sensitif dengan kata pariwisata. Jasa pariwisata yang bisa dijalani pemuda jaman sekarang yaitu jasa dalam bidang penerjemah bahasa asing ke bahasa Indonesia, melihat dari ketertarikan pemuda jaman sekarang pada bahasa asing itu tinggi.
Penerapan GAMES pada jaman milenial juga akan lebih efektif untuk membangun indonesia emas pada kemandirian secara ekonomi, generasi milenial sangat identik dengan yang namanya teknologi. Oleh karena itu melalui GAMES kita semua bisa membuat satu paradigma baru seperti paradigma terhadap profesi sebagai petani yang cenderung berhadapan dengan sawah, panas, cangkul dan melelahkan menjadi profesi yang dipandang elegan, bagus dan sangat menantang untuk generasi emas kedepannya. Pandangan terhadap profesi petani yang seperti demikian lahir dari generasi yang kurang memiliki jiwa enterpreneurship, karena jika generasi emas indonesia memiliki jiwa wirausaha tentu mereka dijaman yang serba modern ini dapat mengubah dari pertanian yang sederhana menjadi pertanian modern yang tidak memerlukan banyak tenaga dan profit yang dihasilkan bisa bertambah. Beberapa kaum muda yang beprofesi sebagai pengusaha di bidang pertanian berbasis teknologi yaitu Andreas sanjaya pendiri IGrow,  Beliau melihat potensi yang dimiliki pemuda indonesia dalam menjadi seorang pengusaha dan sebagai motor penggerak pemanfaatan dan pengolahan sumberdaya alam indonesia yang luas agar lebih efektif. Pada saat acara Munas FOSSEI ke 25 di Institut Pertanian Bogor beliau mengatakan “Belanda bisa membumikan kelapa sawit di Indonesia dan kita pemuda Indonesia bisa menggeser kelapa sawit dan membumikan Indonesia dengan Zaitun”. Melihat dari penuturan tersebut Andreas sanjaya ingin memacu semangat generasi muda di bidang pertanian, karena pemuda Indonesia dapat berinovasi seperti menggeser minyak kelapa sawit dengan minyak Zaitun.
GAMES dapat memberikan kontribusi terbesar dalam membangun Indonesia Emas karena jiwa wirausaha sangat diperlukan dijaman yang serba modern dan maju saat itu, Gerakan ini juga nantinnya dapat membawa Indonesia lebih maju lagi karena bisa menambah jumlah persentase pengusahanya menjadi lebih dari 3,1%. Yang diharapkan selanjutnya yaitu Indobesia bisa disejajarkan dengan negara negara lain yang mengalami kemajuan lebih dulu dalam bidang Ekonomi maupun bidang lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Obat dari Hoax adalah Buku, Tapi… (Yang dibaca)

[Review Buku : Tarbiyah Dzatiyah]